Butuh Perawatan Ekstra, Beikut Tips and Trick Merawat Anjing Maltase Untuk Para Pemula

Butuh Perawatan Ekstra, Beikut Tips and Trick Merawat Anjing Maltase Untuk Para Pemula

Anjing Maltase--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Berbicara tentang anjing peliharaan, tentunya kamu gak aisng lagi dengan jenis anjing Maltase. Bentuk tubuh yang relative kecil dengan bulu yang halus nan cantik, anjing dengan ras Maltase menjadi favorit para pemelihara Anjing.

Satu hal yang menjadi daya taik bagi anjing Maltase adalah bulunya yang putih dan sangat halus layaknya sutra. Mereka jua dikenal sebagai anjing yang ceria dan penuh energi. Dengan sifatnya yang ramah dan mudah diatur, anjing maltase jadi rekomendasi tempat bagi para pemula yang ingin memelihara anjing rumahan.

Tips and Trick Merawat Anjing Maltase

Keputusan untuk memeliharan hewan peliharaan menjadi sebuah tanggung jawab yang harus kamu laksanakan. Jangan buat hewan peliharaanmu tersiksa karena kamu pemiliknya yang abai dengan perawatan hewan tersebut.

BACA JUGA:Resep Baru: Inilah Cara Membuat Nasi Goreng Kencur Kemangi Paling Enak

Nah, buat kamu yang ingin pelihara Anjing Maltase, ada baiknya kamu untuk mengetahui tips and trik merawat anjing maltase. Punya bulu yang tebal dengan bentuk wajah yang sangat menggemaskan. Tandanya kamu harus mengeluarkan lebih banyak tenaga dan biaya untuk perawatannya. Merawat bulu adalah salah satu bagian tersulit dalam merawat Maltese.

      1. Perawatan Bulu dan Cara Merapikannya
Bulu Maltese perlu disisir setiap hari dengan sisir bergigi halus untuk mencegah kusut. Mandikan mereka secara teratur, sekitar seminggu sekali, dengan sampo lembut yang aman untuk kulit anjing.

Untuk pemeliharaan rutin, kamu bisa membersihkan area wajah setiap hari untuk mencegah noda air mata yang dapat menyebabkan bulu di bawah mata berubah warna menjadi kuning. Kamu perlu menyikat bulu Maltese setiap hari agar tetap rapi dan tidak kusut.

Jika bulunya sudah Panjang kamu bisa memotongnya secara berkala. Kamu bisa memotongnya sendiri di rumah atau menggunakan ahli perawatan hewan yang berpengalaman.

Selain dipotong, kamu juga bisa mengikat rambut di bagian atas kepala agar tidak menghalangi penglihatan mereka, atau memotong pendek bagian rambut tersebut sebagai alternatif praktis.

2. Perawat bagian gigi dan Telinga yang Mudah Kotor

Maltese sering mengalami masalah dengan noda air mata. Bersihkan area mata mereka secara teratur dengan kapas lembut yang dibasahi larutan air garam agar terhindar dari noda dan iritasi. Kamu juga perlu memeriksa bagian telinga secara rutin untuk mencegah infeksi. Bersihkan dengan kapas yang telah dibasahi cairan pembersih telinga yang direkomendasikan oleh dokter hewan.

Jangan lupa untuk membersihkan janggut mereka setelah makan. Anda juga bisa memandikan Maltese 1-2 kali sebulan.Pastikan untuk selalu mengeringkan bulu Maltese hingga benar-benar kering setelah mandi, guna mencegah pertumbuhan parasit dan menjaga kesehatan mereka.

3. Mengajarkan Maltase Buang Air Kecil

      Selain merawat bulu dan tubuhnya, sebagai pemilik, Anda juga perlu memberikan latihan yang bermanfaat. Maltese memiliki tingkat energi yang tinggi dan memerlukan aktivitas fisik. Kamu perlu sesekali mengajaknya bermain dan jalan-jalan secara rutin untuk menjaga kebugaran mereka.

Penting untuk melatih anak anjing Maltese agar buang air di tempat yang benar sejak dini. Pelatihan kepekaan dan kecerdasan juga diperlukan agar mereka tetap aktif dan lincah. Selain itu, kamu juga harus rutin bawa Maltese ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, dan perawatan medis yang diperlukan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kesehatan gigi mereka.

4. Makanan dan Pola Diet

Untuk urusan makanan, Maltese memiliki makanan khusus yang bisa dibeli di pet store. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menentukan jenis makanan rumahan yang aman diberikan kepada mereka. Konsultasi ini sangat penting karena Maltese adalah jenis anjing yang sensitif terhadap makanan dan rentan terhadap beberapa penyakit.

5. Rentan dengan Hawa Panas

Anjing ini juga sensitif terhadap panas matahari dan rentan terhadap masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, penyakit kulit, masalah mata, gigi, pernapasan, serta slipped stifle. Oleh karena itu, perawatan yang cermat sangat diperlukan. Dengan perawatan yang baik, Maltese dapat memiliki harapan hidup antara 15 hingga 18 tahun

6. Harga Anjing Maltese Cukup Mahal

Harga Maltese di pasaran berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 per ekor, meskipun harga tersebut dapat bervariasi tergantung karakteristik masing-masing anjing.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: